Cara Ternak Semut Jepang


Ternak Semut Jepang konon  bermanfaat untuk menstabilkan gula darah bagi penderita diabetes, Pengobatan asam urat,   Menstabilkan kolesterol,  Pengobatan penyakit jantung,  Meningkatkan stamina tubuh, namun penulis belum menemukan laporan ilmiah tentang manfaat semut jepang. Tapi melihat perkembangan permintaan pasar dan jumlah peternak yang meningkat akhir-akhir ini, Anda layak untuk mencoba beternak semut jepang, dimana banyak pengalaman petani mengatakan sangat gampang untuk memelihara serangga ini.

Cara beternak dan membudidayakan semut jepang tergolong sederhana.  Dibawah ini adalah cara berternak semut jepang yang dinukil dari nukarduit.com:

  1. Siapkan bibit semut jepang, bibit semut jepang banyak dijual secara online. Setidaknya 100 ekor (lebih banyak lebih bagus, karena perkembangbiakannya akan lebih cepat/lebih banyak).
  2. Siapkan media (toples atau baskom) yang tertutup tapi diberi lubang kecil untuk udara.
  3. Sediakan ragi tape (ragi yang biasa digunakan untuk pembuatan/fermentasi tape)
  4. Suhu ruang sebaiknya sedang, kurang lebih 30 derajat
  5. Sediakan kapas seperlunya sesuai tempat/toples/baskom yang digunakan (kapas tempat untuk semut itu tidur dan berkembang biak).
  6. Masukkan kapas sampai berisi ¾ dari volume toples. Usahakan tidak terlalu padat. Setelah itu masukkan semut jepang dan ragi tape.



Selamat mencoba!!