Cara Simple Beternak Tokek



Beternak Tokek merupakan hal yang lumayan sulit, karena kurangnya informasi mengenai cara budidaya ternak tokek membuat banyak peternak gagal dan kembali menjadi pemburu tokek. Pada umumnya masyarakat lebih menyukai menangkap tokek dari alam liar dibandingkan dengan membudidayakannya.

Berikut ini adalah cara singkat cara beternak Tokek :

Bibit Tokek
Bibit yang bagus dalam ternak tokek ini adalah tokek hasil dari tangkapan alam liar yang memiliki bobot sekitar 100 gram, dengan memiliki bobot seperti ini lebih mudah untuk membesarkan tokek. Harga bibit tokek sebesar  ini pun belum terlalu tinggi yaitu sekitar 100ribu hingga 200ribu.

Meskipun begitu, kita juda dapat membudidayakan tokek dari kecil atau bibit hasil reproduksi tokek yang Anda  miliki.

Kandang
Jika ingin memelihara tokek dengan tujuan untuk dibesarkan dan dijual, kandang adalah masalah penting yang harus diperhatikan. Setelah mendapatkan bibit  yang sesuai, maka kandang harus sudah disiapkan. Aquarium biasanya menjadi pilihan banyak peternak dengan ukuran 20-30 galon. Untuk mencegah tokek kabur bisa digunakan jala dengan mesh kecil-kecil untuk ditutupkan pada bagian atas aquarium. Kandang bisa juga dibuat dari papan lunak seperti triplek.

Untuk pengelompokannya sendiri bisa dipisah antara satu tokek dengan yang lain apalagi jika ukurannya berbeda jauh. Hal ini bertujuan untuk menyamaratakan berat tokek tersebut supaya tidak terjadi perbedaan yang terlalu mencolok. Untuk tokek betina memang bisa dikandangkan bersama, namun untuk tokek jantan dewasa sebaiknya dikandangkan sendiri karena memungkinkan terjadinya persaingan dan memicu kemungkinan saling bunuh dan rencana pembibitan anda tidak akan berhasil nantinya.

Tokek jantan dewasa sudah bisa dimasukkan kedalam kandang bersama dengan beberapa tokek betina dengan ukuran sama. Tokek betina dengan ukuran kecil sebaiknya tidak bereproduksi dulu karena akan memberikan dampak buruk pada kesehatan tokek betina tersebut.  Perhatikan juga suasana kandang dan buatlah sealami mungkin agar tokek bisa merasa seperti di habitat asalnya.

Media Alas Kandang
Media sebagai alas kandang yang cocok digunakan dalam kandang adalah dengan menggunakan pasir, untuk tokek dengan ukuran panjang 5-6 inch dan tokek yang sudah dewasa pasir adalah pilihan yang tepat. Pasir yang digunakan adalah pasir yang bersih serta halus.

Namun, untuk tokek yang masih berukuran kecil Anda  bisa memakaikan alas handuk ataupun kertas Koran.

Suhu Kandang
Batas maksimum suhu di kandang adalah sekitar 90 derajat Fahrenheit.  Kandang tokek sebaiknya dalam kondisi gelap, karena jika mata tokek terkena sinar, itu bisa menyebabkan tokek menjadi stress dan menyebabkan tokek tidak mau makan serta akan mati.

Tempat Berlindung (Shellter)
Kandang tokek ini sebaiknya dilengkapi dengan shelter karena tokek adalah hewan nokturnal yang lebih senang dalam kondisi gelap. Sebaiknya kandang dilengkapi dengan pelindung atau lubang yang cukup besar karena tokek memiliki kebiasaan hidup bersembunyi di bawah batu atau reruntuhan.

Makanan dan Minuman
Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah dalam memelihara tokek tersebut. Dalam pemeliharaan, pakan adalah yang utama. Makanan yang paling disarankan adalah ulat, cacing, jangkrik, dan juga anak tikus yang usianya baru beberapa hari. Masalah minuman, air itu penting meskipun tokek pada dasarnya tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak. Dalam seminggu, anda bisa memberikan 2 sampai tiga kali pemberian air. Jika perlu tambahkan vitamin untuk hasil yang lebih baik dalam pembesaran tokek.
Untuk minuman, walaupun tokek ini berasal dari lingkungan yang kering, kandang tokek tetap harus dilengkapi dengan air minum 2-3 x per minggu agar tokek mendapat asupan air dari mangsa yang dia makan.

Pergantian Kulit Tokek
Tokek ini sama dengan binatang reptile lainnya, yaitu mengalami pergantian kulit.  Pergantian kulit tokek ini tergantung pada umur dan perkembangan tokek, tokek yang berukuran kecil lebih sering ganti kulit dibandingkan dengan tokek yang berukuran dewasa.
Pada saat pergantian kulit, ada baiknya mengecek kelembaban kandang dan bisa menggunakan media kotak stereoform. Pergantian kulit haruslah sempurna meskipun itutokek rumah. Pastikan perkembangan tokek anda diperhatikan benar supaya tokek anda tumbuh sempurna.

Sumber: tipswirausaha.com, 1001budidaya.com/