Cara Ternak Lebah Trigona Bagi Pemula


Beternak Trigona leaviceps (lebah madu mini) lebih mudah perawatannya dan tidak memerlukan biaya tinggi mulai dari modal awal sampai biaya operasional, dan peralatannya pun cukup sederhana , dan alat alat tersebut bisa kita temukan di dapur rumah kita masing masing.

Berikut cara beternak lebah mini bagi pemula dari http://ternaklebah.com:

Menyiapkan lokasi permanen ,atau memanfaatkan halaman rumah dan samping rumah yang kosong atau bisa juga di kebun kebun yang kita miliki,akan lebih bagus apabila kita memiliki kandang khusus yang hanya memiliki atap saja,setelah kita menyiapkan lokasi, anda juga bisa menanam bunga atau tanaman tanaman yang menghasilkan nektar atau beepollen,seperti wortel,adas pulowaras, atau yang lainnya.

Siapkan bibit lebah klanceng dan kotak untuk rumah klenceng, kita bisa membuatkan rak, sehingga kotak rumah klanceng bisa diletakkan berjajar urut, atau kita bisa menggantungya dengan ketinggian maksimal 2 meter dari tanah,

Penempatan kotak klanceng sebaiknya tidak dipindah ataupun bergeser, hal ini dimaksudkan untuk menghindari perang antar koloni, peperangan antar koloni bisa menyebabkan kematian 50% dari jumlah penduduk lebah.

Lebah klanceng tidak menghafal warna ataupun bentuk ,namun lebah klanceng akan menghafal posisi dan letak kotak (rumah). Ketika  lebah keluar dari sarang, Anda menggeser 5 cm saja  kotaknya dari tempat semula, maka lebah akan kebingungan,
Jika anda akan melakukan pemindahan sebaiknya jarak  awal ditempatkan dari lokasi baru adalah 300 meter.

Setelah diletakkan, kita perlu melakukan pengecekan kotak secara berkala, untuk memastikan tidak adanya bahaya yang menghampiri seperti semut yang menyerang kedalam sarang lebah. Jika ini terjadi, cara mengatasinya adalah mencari lubang sarang semut dan lakukan penyemprotan insektisida, penyemprotan insektisida jangan sampai terkena koloni lebah klanceng anda.

Dalam beberapa hari lebah akan beradaptasi dengan lingkungan barunya, dan akan terlihat kesibukan didepan kotak klanceng tersebut.

Jika pada musim penghujan, lebah klanceng tidak beraktifitas penuh, dan kebutuhan makanan akan berkurang, maka kita bisa membantu memberikan makanan dengan memberikan gula putih agar lebah tidak mati kelaparan.

Cara memberi makanan adalah siapkan nampan plastik atau baki, lalu masukkan gula 1 kg atau secukupnya sesuai jumlah koloni yang anda miliki, campurkan air 1 gelas per kg, diaduk sampai rata, setelah mencair, masukkan busa dan tekan tekanlah sehingga air gula masuk pada busa. Busa yang digunakan sebaiknya busa tipis dengan tebal 1 cm.

Letakkan busa pada jarak 2 meter dari kotak, dengan demikian lebah akan mengerumini busa yang basah air gula tersebut.

Jika sudah terdapat kantung kantung madu ,maka kita bisa memanennya, dengan menggunakan sendok ,dan memerasnya menggunakan kain penyaring atau penyaring lainnya.

Pemanenan dilakukan tidak berurutan melainkan, dari pojok lalu spasi 5 kotak ,dan seterusnya , untuk menghindari peperangan antar koloni.

Pemanenan dilakukan pada pagi hari dimana lebah sudah keluar,dan akan sedikit yang mati,

Dalam 1 koloni akan mampu menghasilkan 120 ml dalam waktu 2 bulan ,pada musim bunga.


Informasi lebih lanjut di http://ternaklebah.com