6 Strataegi Jitu Pemasaran Ternak Puyuh


Promosi adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah agenda bisnis. Nahkan promosi ini menjadi sebuah ujung tombak ketika usaha atau bisnis yang sedang dijalankan ingin tetap berkembang dan tetap bertahan di dalam kondisi yang semakin ketat persaingan ini. Bebragai macam cara strategi pastinya akan dilakukan oleh para pelaku usaha untuk meperahankan usaha yang sedang digelutinya. Termasuk ketika anda hendak mempertahankan usaha ternak puyuh ini.

Ada beberapa strategi yang bisa anda terapkan untuk tetap membuat usaha ternak puyuh anda ini teteap berjalan, dan bahkan bisa menguasai pasar.

Pertama, adalah dengan mengikuti berbagai macam organisasi yang sudah dibuat pemerintah guna menciptakan para wirausahawan yang mandiri. Anda bisa mencoba untuk mengikut UKM yang bergerak di bidang peternakan, terutama puyuh. Sehingga dengan bergabungnya anda di sana, maka secara tidak langsung, anda juga sudah melakukan kegiatan promosi.

Kedua, selain bergabung dengan UKM tersebut, anda juga bisa melihat kondisi yang ada di pasar secara langsung. Komoditi peternakan yang semakin bagus menjadi sebuah peluang yang besar, karena stok yang ada di dalam negeri belum sanggup mencukupi kebutuhan masyarakat. Sehingga anda kan lebih mudah untuk menjual dari hasil peternakan puyuh, khususnya adalah telur dengan lebih mudah.

Ketiga, mulailah mencari partner atau mitra bisnis. Buatlah sistem kerja sama yang saling menguntungkan. Dengan begitu, maka pihak produsen juga tidak perlu kebingungan mencari konsumen, sebab produksinya pasti akan terjual. Namun dengan bentuk kerja sama seperti ini, anda tidak bisa memebrikan harga di atas harga pasaran, sehingga keuntungan yang anda peroleh lebih kecil

Keempat, dengan masuk lewat pasar. Dengan sistem seperti ini, sebenarnya sama dengan sistem pemasaran kepada pihak kedua. Hanya saja anda bisa sedikit mematok harga labih tinggi.

Kelima, jangan pernah melupakan online. Dengan berkembangnya teknologi yang sangat cepat sepeeti sekarang ini, maka kebutuhan akan dunia online menjadi semakin nyata, termasuk dalam agenda pemasaran. Dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disedaikan oleh internet, anda bisa memasarakan produk puyuh anda hingga ke berbagai daerah di luar kota anda, dan mungkin bisa jadi merambah ke  lur negeri. Anda bisa menggunakan facebook, twitter, blog dan lain sebagainya untuk menunjang metode promosi yang akan anda gunakan.

Keenam, dengan menjualnya langsung kepada konsumen. Dengan cara ini anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar, karena tanpa perantara. Namun untuk melakukan itu, anda harus meluangkan waktu lebih banyak, dan cara ini sangat tidak cocok bagi anda yang menjadikan bisnis puyuh ini hanya sebagai sampingan atau sebagai mata pencaharian tetap anda.